My new book : UNHAPPY ENDING

kolUHGak mungkin kan gue review karya gue sendiri, jadi gue ceritain aja prosesnya ya hehehe…

Ini adalah buku kedua gue setelah novel pertama gue [absoudre] dirilis tahun 2011. Tadinya gue mau bikin sequel novel gue itu, udah sempet bikin sampe 3 bab tapi mentok dan kehalang segala macem kerjaan dan mood yang gak jelas. Akhirnya gue pending dulu proyek sequel itu, dan gue kepikiran buat bikin kumpulan cerpen.

Kumpulan cerpen yang gimana nih ya yang kira-kira belum tersentuh. Mesti ada pembeda dari kumpulan cerpen dari penulis lain yang udah duluan terbit. Terus mendadak gue keingetan sama kerjaan gue dulu pas masih di Radio Pop FM Jakarta, dimana gue jadi penulis naskah mini drama SKETSA JAKARTA yang tayang tiap hari dari tahun 1998 sampe 2007. Sayang gue gak punya dokumentasi naskah-naskah gue itu, padahal kalo diitung2 pasti udah ratusan naskah tuh yah, ribuan bahkan mungkin. Nah, salahsatu ciri khas script sketsa bikinan gue adalah ending yang gantung, ngagetin dan gak happy ending. Akhirnya gue kepikiran untuk bikin kumpulan cerpen yang endingnya tidak bahagia, so gue kepikiran aja judulnya UNHAPPY ENDING.

Karena gue gak punya dokumentasi naskah SKETSA JAKARTA, gue juga cuma ingat beberapa saja yang paling nyantol di kepala gue, akhirnya gue putuskan untuk menulis ulang cerita yang gue inget, plus ditambah cerita baru yang gue tulis. Ada juga yang gue comot dari blog lama gue, pokoknya gue usahain ada 10 cerpen. Itupun prosesnya lama ternyata. Sekitar dua tahun gue baru bisa kelarin proyek ini karena yaaaah… urusan kerjaan memang gak bisa diajak kompromi hehehe.

Pas udah genep 10 cerpen, gue udah mantepin buat publish buku ini, dan minta bantuan beberapa orang buat jadi pembaca pertama sekaligus kasih testimoni. Mereka adalah MELLY MANUHUTU, MERRY ANDANI, ANITA MAE, TESSA INTANYA dan HARRYS SIMANUNGKALIT. Dua nama pertama penyanyi, nama ketiga presenter, dan dua nama terakhir adalah penulis, Seharusnya FITRI CARLINA juga sudah bersedia kasih testimoni, sayangnya karena lagi sibuk-sibuknya, sampai deadline belum bisa bikin testimoninya 😦 . Dan pas udah mau naik cetak, tiba-tiba gue dapet ide mendadak yang pas dijabanin ternyata dapet 1 cerpen lagi. Akhirnya jadi deh 11 cerpen buat dimasukkan di buku ini.

Sekedar gambaran, ini cerpen-cerpen di buku ini :

1. GAUN PENGANTIN SISKA

Ini salahsatu cerpen yang gue ambil dari salahsatu episode SKETSA JAKARTA. Tentang Siska yang nyari-nyari baju pengantin di jam 10 malem padahal besok paginya mau nikah.

2. SEBUAH IRONI

Kisah tentang pasangan backstreet yang serba salah. Salahsatu cerita yang pernah gue posting di blog lama gue yang sudah tutup.

3. LOVE SUCKS!!!

Satu-satunya cerpen di buku ini yang gue tulis dengan gaya satire komedi. Apa yang terjadi kalau gebetan lama yang masih kita cintai tiba-tiba ngajak ketemuan?

4. DEMI ZICO

Gak mudah jadi perempuan yang tidak bisa memberi keturunan pada suaminya. Terlebih ketika suaminya tiba-tiba bilang dia sudah punya anak dengan perempuan lain. Salahsatu cerpen yang diadaptasi dari salahsatu episode SKETSA JAKARTA.

5. KOSONG

Kisah antara photographer dengan modelnya. Yang ini ceritanya agak-agak berbau mistis hehehe..

6. SEMU

Apa yang terjadi kalau seorang gay menikah dengan seorang lesbian ?

7. KARENA CINTA

Seorang perempuan 62 tahun menikahi sopirnya yang baru berusia 24 tahun. Cinta atau naif? ini salahsatu cerita yang diadaptasi dari SKETSA JAKARTA

8. PLAYBOY

Benarkah seorang laki-laki belum utuh kalau belum pernah selingkuh?

9. JANGAN LAMA-LAMA

Cerita ini terinspirasi dari lagu ciptaan RIEKA ROSLAN berjudul RINDU yang sedianya dirilis awal 2014, dan di perilisan singlenya akan diluncurkan buku kumpulan cerpen yang terinspirasi lagu tersebut, Sedianya cerpen ini salahsatu yang akan mengisi buku itu, tapi sampai sekarang belum terealisasi. Akhirnya cerpen ini dimasukkan ke buku ini dulu. Kalau proyek Rieka jadi, harus nulis cerpen baru lagi dong hehehe… punten teh 🙂

10. LADY

Namanya Tasya, tapi suaminya selalu memanggilnya Lady. Ada apa dibalik semuanya? ini juga salahsatu cerita yang diadaptasi dari SKETSA JAKARTA

11. FAREWELL

Ini cerpen ke 11 yang dibuat di detik-detik terakhir deadline. Tentang seorang suami yang baru bercerai dan harus meninggalkan rumah yang selama ini ditempati bersama mantan istrinya.

 

Hayooo… pada beli dong. Bisa didapatkan online di http://www.nulisbuku.com/books/view_book/6224/unhappy-ending