Topi Kuning Jadi Gelas

Dari jaman dahulu kala kayaknya gue paling gak becus dalam urusan merapikan kamar. Jaman masih di rumah nyokap, kayaknya nyaris tiap hari nyokap gue ‘berkicau’ untuk urusan ini. Dan tetep aja ujungnya nyokap yang beresin kamar gue.. (maap mam…). Hal yang suka dikeluhin nyokap adalah kegemaran gue ‘mulung’, alias nyimpen bermacam-macam bungkus dan kemasan barang. Mulai dari bungkus sabun, odol, rokok, sampo dan sebangsanya. Bukan cuma kemasan yang memang kita konsumsi sendiri, tapi gue memang bener-bener ‘mulung’ dalam arti yang sebenarnya.

Gue punya kegiatan favorit ketika SD. Pulang sekolah gue bareng Yuli, temen main gue jaman kecil, langsung jalan menyusuri rel kereta di belakang pertokoan Stasiun Timur Purwokerto. Tujuan kita adalah satu : mulung !!! dan target pulungan kita adalah bungkus sabun semacam Lux, Lifebuoy atau sabun Trully (nih sabun udah almarhum), sachet Sunsilk, tutup botol anggur cap orangtua,  kotak kemasan Citra hand body lotion, bahkan kemasan bekas bumbu masak Sasa atau Miwon !!

Bukannya gue mulung tuh barang-barang buat dikiloin layaknya pemulung professional (hehehe..), gue ngumpulin bekas bungkus macem-macem itu buat gue tukerin aneka hadiah. Tuh kan… buat yang mengalami era 80an pasti bakal inget kalau dimasa itu berbagai produk berlomba-lomba mengadakan promosi dengan cara menukarkan bekas kemasan dengan aneka hadiah.  Dan produk-produk yang gue sebutin diatas tadi emang yang terhitung sering mengadakan promosi.

lux

Sabun Lux bisa dibilang yang paling sering. Kemasan bekas sabun Lux bisa ditukarkan dengan aneka hadiah, tapi yang paling memorable adalah album bintang lux dan sticker bintang Lux. Jadi, ada semacam buku yang berisi biodata para bintang Lux dalam negeri yaitu CHRISTINE HAKIM, WIDYAWATI, MARINI dan  LYDIA KANDOU, serta bintang Lux Internasional yaitu MAUD ADAMS, RAQUEL WELCH, MICHELLE PFEIFER dan SOPHIA LOREN. Album buku itu bisa didapatkan dengan menukar 2 buah bungkus sabun Lux. Tapi album saja belum lengkap, karena disana cuma ada biografi singkat sang bintang tapi tanpa foto-foto. Nah, kalau ingin menjadikan album itu sempurna, foto-foto berbentuk sticker bisa didapatkan dengan menukar 1 bungkus kosong sabun Lux. Tantangannya adalah, di setiap tempat penukaran tidak langsung tersedia 8 jenis sticker itu. Jadi kita harus berkeliling ke tiap-tiap toko yang menjadi tempat penukaran untuk bisa melengkapinya.  Sepertinya sederhana saja hadiahnya, tapi untuk saat itu sudah termasuk keren 🙂

Selain album dan sticker itu, hadiah sabun Lux yang juga memorable adalah kaset lagu-lagu barat hits. Yang ini bisa didapat dengan menukar 8 bekas bungkos kosongnya. Ada beberapa seri kaset yang semuanya oke karena mengkompilasikan lagu-lagu hits dari penyanyi kondang era itu seperti PHIL COLLINS, MADONNA, ROCKWELL, SANTA EMERALDA dan lain-lain. Pokoknya top abis lahhh…

Yang juga fenomenal adalah penukaran 3 tutup botol anggur cap orang tua menjadi sebuah gelas cantik.  Atau ‘topi kuning’ yang menutup batu baterai Eveready juga bisa ditukar gelas (untuk ini ada jargon yang lumayan kondang saat itu yaitu : TOPI KUNING JADI GELAS). Tutup aluminium kemasan blue band margarine bisa ditukar Frisbee berwarna kuning yang lumayan nendang buat bermain di lapangan. Kali lain tutup blue band juga bisa ditukar dengan cempal (apa sih bahasa Indonesianya buat kain yang digunakan untuk mengangkat panci biar gak panas hehehe..). 8 kotak bekas Citra hand body lotion bisa ditukar dengan selembar kain batik.  Gak heran gue jadi semangat buat jadi ‘pemulung’ karena masa promosi selalu ada setiap saat dengan aneka hadiah dan produk yang berganti-ganti. Jadi kalau masa penukaran sabun Lux sudah habis, gue tetep rajin ngumpulin bekas bungkusnya karena pasti beberapa bulan kemudian program promosi baru siap menanti.

Gak heran, aksi pulung memulung itu tentu bikin hasil pulungan itu menumpuk di lemari 🙂 . Awalnya nyokap protes, tapi lama-lama ngebiarin aja karena ternyata anaknya ini mengasilkan banyak barang hahaha… ya memang sih, dari sekian banyak hadiah hasil penukaran, hanya segelintir saja yang menjadi koleksi pribadi gue. Sebagian besar memang menjadi inventaris nyokap, gak mungkin kan gue mengkoleksi gelas, cempal atau kain batik dengan motif cewek.  Jadi gue memang seneng aja bisa nukarin aneka hadiah dengan kemasan bekas hasil gue mulung. Kalo dipikir-pikir gak banget ya… kayak gak ada kerjaan yang lebih bermanfaat aja. Tapi hal itu bikin keasyikan tersendiri buat gue, rasanya puaaaas banget kalo bisa dapet bungkus kosong dalam keadaan mulus. Hahaha…

Pernah ada kejadian unik. Suatu saat pas lagi ‘mulung’, gue nemuin sebuah kotak kardus gede. Pas gue ambil ternyata kotak itu berisi amplop-amplop yang didalamnya ada kemasan plastik batu baterai ABC dan fotokopi KTP. Rupanya kotak itu adalah kotak undian yang ditaruh di toko, yang seharusnya dikirimkan ke panitia pusat di Jakarta, tapi entah mengapa malah berakhir di tempat sampah oleh sang toko.  Meskipun tidak tahu mau diapakan, kotak itu gue ambil juga. Gue buang KTP KTP dan amplopnya, dan kemasan plastik baterai ABC dalam jumlah yang lumayan banyak itulah yang gue ungsikan ke rumah. Gak disangka, beberapa hari kemudian gue baca iklan di Kompas, 1 kemasan plastik batu baterai ABC itu bisa ditukar dengan satu bungkus Sarimi. Bergegas gue menuju toko tempat penukaran, dan balik-balik gue udah bawa berkardus-kardus Sarimi. Gue sampe harus naik becak karena gak bisa ngebawa dengan tangan !!

Duh… indahnya era 80an….

Trus apa kabarnya kamar gue sekarang ? tetep berantakan dengan aneka barang yang kadang gak jelas. Tuh.. ada hang tag baju yang udah sejak kapan tergeletak di meja, ada kotak bekas parfum yang isinya sebenarnya udah habis, ada kotak bekas teh celup, kardus obat batuk, kertas voucher isi ulang pulsa.. yaelahhhh… gue gak ngerti kenapa gue pertahanin itu barang-barang gak jelas tetep ada di kamar gue ! jangan-jangan alam bawah sadar gue masih tetep pengen ngumpulin barang-barang itu karena berharap bisa ditukarkan hadiah…

Tidaaakkkk !!!  gue harus berhenti nyampahhh !!!

Advertisements

Nightmare Stories

gak tahu kenapa tiba-tiba pas gue lihat kalender dan ngelihat hari ini hari kamis, malam jumat tepatnya, mendadak gue keingetan dengan si nightmare stories ini.

itu adalah sebaris kalimat yang gue tulis bulan april lalu. believe or not, cuma kalimat itu aja yang terekam di draft setelah selama satu setengah jam gue ngetik, padahal udah banyak yang gue tulis dan gue save. tapi gue juga gak ngerti kenapa yang terekam cuma itu aja…

mungkin karena tulisan ini memang berbau mistis….

so.. are you ready ???

baiklahhhh…

n632327178_947629_1040kita mulai perjalanan spiritual kita ***halaaahhh*** dengan ngasih tahu dulu apa itu nightmare stories. nightmare stories adalah acara di Radio POP FM Jakarta, dan gue yang jadi host acara itu selama bertahun-tahun, seng ada lawan. awalnya acara ini dipandu sama HERRY RACHMAN, terus setelah mas herry cabut digantiin sama FAHMI ARDIAN, dan setelah fahmi cabut gue-lah yang siaran sampai gue resign , dan setelah gue resign acara itupun lenyap dari peredaran. sesuai dengan namanya, acara ini memang ditujukan untuk mereka yang curious dengan hal-hal mistis, pengalaman-pengalaman ketemu hantu, dan segala yang berbau dunia lain. pendengar boleh cerita pengalaman mereka yang serem-serem, ditunjang dengan backsound musik yang serem, plus sound effects yang cukup bikin merinding. cukuplah acara ini sukses bikin banyak orang ketakukan tapi pengen dengerin, jadi kalo dengerin harus rame-rame, ngumpul di tongkrongan atau sekeluarga gelar tiker di ruang tamu dalam suasana mencekam… lebayyy…

namanya juga acara serem… mau nggak mau ambiance-nya juga ikutan serem. pas acara berlangsung juga banyak terjadi kejadian serem. inilah yang akan gue bahas secara tajam… setajam golok…

kita mulai dengan pengalaman mas herry… host acara ini season pertama. gue gak ngerti kenapa, tapi mas-mas berbadan tegap dengan kumis serem melintang ini ternyata gak berani sendirian ketika siaran acara ini. dia selalu ngajak orang buat nemenin siaran, secara studio siaran ada di lantai dua dan gak ada orang lain selain penyiar karena gak pake operator. bahkan seringkali karena gak ada orang yang bisa dibajak buat nemenin siaran, mas herry ngajak anaknya yang masih kecil buat nemenin siaran. kasian banget tuh anak kecil disuruh duduk di bawah terkantuk-kantuk, secara acaranya berlangsung dari jam 10 sampe jam 12 malam.

gue gak pernah nanya kenapa mas herry sampe gak berani siaran acara itu sendirian.. tapi bisa dipastikan pernah ada sesuatu yang terjadi…

season kedua acara ini, fahmi yang jadi host, dan karena ni anak emang udah eksentrik jadi gak ada masalah.. mungkin dia pernah ngalamin sesuatu tapi kita gak pernah tahu karena gak pernah cerita

season ketiga… gue-lah sang host acara ini. dannnn… gue akan ceritakan apa yang gue alami sodara-sodara…

kita awali dengan kejadian yang menimpa MELLY MANUHUTU. ni anak emang pendengar setia acara ini, makanya dia penasaran pengen nemenin gue siaran. bukan siaran berdua gue, tapi cuma duduk nemenin gue siaran. awalnya sih biasa aja. melly awalnya duduk berhadapan sama gue, dipisahkan oleh meja mixer yang cukup gede. ketika acara mulai beberapa saat dan suasana sudah mulai mencekam, melly pindah tempat duduk. dia duduk di samping gue, pake kursi plastik warna putih. ketika di pertengahan acara, pas gue lagi ngobrol dengan penelpon yang lagi cerita serem, gue kaget karena melly tiba-tiba mepet dan berusaha untuk duduk satu kursi dengan gue. mukanya pucet tapi gak berani bersuara karena gue lagi on air. pas gue muter lagu barulah melly tereak ketakutan. ternyata tadi kursi melly digoyang-goyang kenceng sampe melly kaget. awalnya dia nyangka itu ulah gue, tapi ketika dia ngeliat tangan gue lagi ada di atas mixer barulah dia sadar apa yang terjadi. melly ketakutan dan gak mau lagi nemenin gue siaran acara itu.

yang menimpa gue sendiri juga lumayan banyak. salahsatunya adalah pas konsep acara berubah. gue gak siaran sendiri tapi ditemani paranormal. biasanya gue ditemenin seorang paranormal, tapi suatu saat gue siaran ditemani 3 orang paranormal sekaligus. wuihhh… mendadak atmosphere-nya beda banget. hawanya udah beda. biasanya gue santai aja siaran tapi saat itu bulu kuduk gue berdiri mulu. mana salahsatu paranormal ada yang latah, jadi pas dia ngeliat ‘penampakan’ dia bakalan bereaksi cukup mengagetkan. puncaknya adalah pas salahsatu paranormal bilang ada kuntilanak yang berdiri di deket gue… gue gak bisa ngeliat, tapi tiba-tiba angin ‘bertiup’ di bawah meja tepat mengarah ke kaki gue. gue berasa ada blower kipas angin dibawah meja, satu hal yang cukup bikin gue keringetan.  kelar siaran gue ‘gak berani’ balik ke kosan. jadi gue putuskan untuk tidur di kamar belakang studio. baru aja gue merem beberapa detik, gue masih sadar sesadar-sadarnya, tiba-tiba pipi gue DITAMPAR !! gubrakkk… gue kaget sekaget-kagetnya langsung buka mata.. dan gak ada siapa-siapa di kamar itu. gue panik tapi gak berani ngaca, takut pipi gue berbekas secara baru aja digampar setan.. saking paniknya gue sampe gak berani merem… yang ada gue gelisah dalam suasana mencekam sampe gue ketiduran.

kejadian lainnya, yang ini gak begitu nakutin tapi cukup bikin merinding. waktu itu mbak iis, paranormal yang siaran sama gue lagi gak enak badan, jadi dia minta AC dimatiin. AC ruang siaran seharusnya gak boleh dimatiin, makanya remote-nya pun diumpetin teknisi supaya gak bisa dimatiin. jadi demi mematikan AC karena mbak iis sakit, gue sampe naik-naik kursi dan mematikan secara manual. siaran berlangsung sukses, dan ketika siaran kelar gue nganterin mbak iis dulu ke bawah sebelum gue beresin perabotan siaran. pas gue naik ke ruang siaran gue takjub, karena ruangan udah dingin… AC UDAH NYALA !!! gue langsung telpon mbak iis, mastiin apa dia yang nyalain AC. dia balik bilang, bukannya tuh AC gak ada remote-nya, tadi pas gue matiin aja harus naik-naik kursi. duhhh… siapa yang nyalain ????

yang paling spektakuler adalah kejadian yang satu ini. masih dengan mbak iis. ada penelepon masuk. cewek. suaranya pelan, basah.. dan ngilang-ngilang seperti kebawa angin…

gue : nightmare stories selamat malam

cewek : malaaaaaam…

sampai disini gue liat mbak iis tiba-tiba berhenti senyum. wajahnya tegang dan ngasih kode ke gue untuk matiin penelepon itu dan nyalain lagu. gue yang gak ngeh dengan maksud mbak iis tetap aja nanggepin penelepon itu.

gue : siapa nih ?

cewek : mumuuuuunnn…

mbak iis : aduh neng… maaf ya neng… acara ini khusus buat yang masih hidup

cewek : (ketawa ngikik tapi pelan) hihihihihi…

gue mulai agak curiga. mata gue langsung ngelirik ke arah display caller id telepon. berkedip-kedip nomor sebuah provider, berarti penelepon ini nelepon pake hp. gue lega.. dan berusaha ngelawak

gue : wah… nama kamu mumun ya… kuntilanak dong… hebat ya kuntilanak punya handphone..

cewek : (masih ngikik.. suaranya ilang-ilang seperti kebawa angin)

mbak iis melototin gue sambil ngasih kode supaya gue matiin line telepon dan muter lagu. gue masih cuek aja.

mbak iis : udah ya neng… makasih neng… boleh dengerin tapi jangan ikutan telepon ya neng, kasian yang masih hidup.. oke.. kita denger lagu aja sekarang…

cewek : (tetep ngikik… dan detik ini gue mulai sadar apa yang terjadi)

gue langsung puter lagu dan mutusin line telepon. mbak iis langsung bilang kalo yang masuk tadi emang beneran mumun.. KUNTILANAK yang ada di DANAU CIBUBUR. gue gak begitu aja percaya. gue langsung raih telepon dan liat caller id terakhir yang masuk. gue hubungin sambil deg-degan.

dan….

maaf… nomor yang anda tuju tidak terdaftar

hahhhhh ??? gimana bisa gak terdaftar tapi barusan nelepon ??? gue ulangin sampe tiga kali tetap tidak terdaftar tuh nomor. gue telpon pake HP gue, tetep tidak terdaftar. pake HP mbak iis, tetep tidak terdaftar. trus gue coba inget-inget, suara cewek tadi emang misterius banget… datar tanpa ekspresi… lemah kayak kebawa angin… apakah beneran itu mumun ??? ngeliat muka mbak iis yang tegang gue jadi lumayan ngeri juga saat itu… paranormalnya aja bisa shock… apalagi gueeeeee…

kejadian-kejadian serem itu mau gak mau bikin temen-temen gue pada ogah untuk siaran acara ini. kalo gue sakit atau cuti, pasti pada saling lempar kalo disuruh jadi host acara ini. dan percaya atau tidak, mereka yang gantiin gue siaran acara itu biasanya ‘diganggu’

ELKI pernah diliatin orang pake baju putih jalan melintas di jendela luar ruang siaran, tepat disampingnya. dia mikir itu gue yang iseng ngerjain, tapi kemudian dia mikir… kan ruang siaran di lantai dua ?? gimana bisa orang jalan diluar jendela kaca…

BAGUS siaran acara ini sambil ketakutan karena lampu ruang siaran tiba-tiba nyala mati nyala mati hanya ketika acara itu berlangsung. sudah begitu pendengar banyak yang komplain ke dia nyuruh matiin suara kuntilanak karena pada serem. padahal bagus TIDAK MEMUTAR SOUND EFFECTS SUARA KUNTILANAK !!!

JONI sampai harus siaran duet sama DODO padahal acara ini bukan acara berkonsep 2 DJ.

mungkin memang butuh ‘tenaga ekstra’ buat siaran acara ini. buktinya setelah gue resign, acara ini juga ikutan resign. boleh jadi juga karena trend acara mistis beginian emang udah gak diminati lagi.

udahlah… segini aja… mudah-mudahan tulisan gue kali ini bisa ke-save dengan utuh gak kayak sebelumnya. amiin…