eternal love ?

adakah cinta sejati ??

definisi cinta sendiri mungkin beda-beda bagi setiap orang, karena gak jelas parameternya… namanya juga abstrak, cuma bisa dirasain. jadi bener tuh kata lagu dangdut : cinta bukan matematika. trus cinta sejati itu apa ?? gue googling dan nemuin beberapa definisi cinta dan cinta sejati, tapi satu yang gue kutip disini karena paling ‘masuk’ dalam pikiran gue :

Ketika kamu punya perhatian lebih, ketertarikan lebih, kesenangan yang lebih, terhadap sesuatu, itulah cinta… dalam konteks apapun. Ketika cinta itu satu, tak tergoyahkan oleh benturan dan waktu, terjaga cintamu padanya meski hidupmu bersama cinta yang lain… itulah cinta sejati. Dalam satu putaran hidup, hanya satu belahan jiwa. Jika kamu mendapatkannya dalam cinta sejati.. (aryo sanjaya : http://www.mahesajenar.com)

 

duhhh.. ‘meleleh’ rasanya ngebaca definisi cinta sejati versi aryo. pada poin “ketika cinta itu satu, tak tergoyahkan oleh benturan dan waktu, terjaga cintamu padanya meski hidupmu bersama cinta yang lain” rasanya menohok… cinta sejati cuma ada satu, dan akan tetap terjaga meskipun kita tidak bisa memilikinya… sounds sad… 😦

kenapa gue tiba-tiba nulis soal cinta sejati ? (satu hal yang mungkin belom gue dapatkan sampai saat ini – curcol nih). gue nulis ini karena terstimulus oleh curhatan salah seorang temen gue, sebut aja mawar (hahaha… kayak nama korban perkosaan di koran lampu merah ya.. hihihi…). beberapa kali dia sempat curhat sama gue… dan curhatannya yang terakhir akhirnya bikin gue terdiem lama, gak ngerti harus ngasih advice apa sama dia

ini tentang kehidupan perkawinannya…

10 tahun mawar married sama suaminya (sebut aja kumbang). awalnya manis tentu saja. belakangan baru ketahuan kalau masa lalu kumbang ternyata tidak semanis yang terlihat. di usia perkawinan kelima terungkap kalau sebelum menikah dengan mawar, kumbang pernah terlibat percintaan mendalam dengan mantan pacarnya, sebut aja melati. melati harus menikah dengan orang lain meskipun sebenarnya masih mencintai kumbang, dan hubungan merekapun terpaksa kandas. mawar mengetahui ini dari sms mesra dari melati untuk kumbang, yang tidak sengaja terbaca olehnya di hp kumbang

mawar patah arang setelah mengetahui kenyataan bahwa selama ini kumbang dan melati masih ‘berhubungan’ meskipun tidak secara fisik. kumbang memohon maaf pada mawar dan bersikeras bahwa melati hanya masa lalu, dan mereka selama ini cuma sekedar menjaga kontak, tidak pernah lebih dari itu

persoalan (saat itu) pun dianggap selesai. mawar berbesar hati menerima maaf kumbang dan mencoba melupakan semuanya, terlebih mawar merasa harus menyelamatkan perkawinan mereka karena mereka sudah punya anak. meskipun jadi lebih ‘paranoid’ setiap hp kumbang berbunyi, tapi mawar berusaha positive thinking dan menganggap melati hanya masa lalu bagi kumbang, dan toh gak ada salahnya tetap keep contact sama mantan pacar

dan rahasia lain terungkap kemudian…

di usia ketujuh perkawinan mereka… bukan cuma sekedar sms mesra yang ditemukan mawar di hp kumbang. sebuah kenyataan yang membuat mawar limbung terkuak.. ternyata kumbang dan melati SUDAH PUNYA ANAK. ketika mereka berpisah dan melati harus menikah dengan orang lain, ternyata melati dalam keadaan hamil muda anak kumbang. rahasia inipun tidak diketahui oleh suami melati, mawar mendengarnya dari sebuah sumber terpercaya. ketika mawar mengklarifikasi pada kumbang, kumbang MENGAKUINYA !!!

hancur hati mawar tentu… tapi ketika kumbang menangis-nangis mohon maaf, hati mawar akhirnya luluh. mawar cuma mengajukan satu syarat, jangan lagi berhubungan dalam bentuk apapun dengan melati. kumbang menyanggupinya, dan masalah (kembali) dianggap selesai

dan ternyata kumbang tidak konsekwen.. belakangan ini, di usia kesepuluh perkawinan… mawar kembali mendapati sms mesra melati di folder khusus inbox hp kumbang, dan dari sms sms itu terungkap pula bahwa selama ini melati sering berhubungan juga dengan keluarga kumbang.. ibunya kumbang bahkan beberapa kali ketemu melati dan kumbang..

mawar kembali terpuruk… karena ternyata selain kumbang, keluarga suaminya juga ‘selingkuh’ di belakangnya.  kali ini dia benar-benar hancur remuk redam… kumbang kembali memohon maaf… tapi mawar tak bergeming… lima tahun sudah dia memberi waktu pada kumbang untuk merubah segalanya dan ternyata tidak pernah berubah

akhirnya ‘demi anak-anak’ mawar harus berupaya menampilkan figur keluarga yang utuh dan harmonis… tapi  rapuh didalam… duhhh… gue mengikuti perkembangan kasus mawar dari dulu berasa mengikuti sinetron stripping. dan akhirnya gue sampe pada satu titik dimana gue dah gak bisa kasih advice lagi buat mawar… 

cinta sejati.. mungkin itu yang dialami oleh kumbang dan melati. bahwa mereka boleh terpisah dan masing-masing menikah dengan orang lain tapi mereka masih tetap memelihara semuanya. apalagi untuk kasus mereka, ada anak yang (apalagi) merupakan rahasia besar yang pasti lebih mengikat lagi rasa diantara mereka

salahkah mempertahankan cinta sejati ??? barangkali tergantung dari sudut mana kita melihat, dan ada di pihak mana kita. kalo kita di pihak kumbang dan melati, tentu kita memahami betapa tersiksanya mereka harus dipisahkan ketika masih saling mencintai, dan bahkan melati harus merelakan dirinya menikah dengan pilihan orangtuanya, meskipun dirinya dalam keadaan hamil anak kumbang. 

kumbang mungkin juga tidak kalah patah arangnya. meskipun akhirnya dia menemukan mawar sebagai pendamping hidupnya, tapi cintanya pada melati tidak bisa hilang begitu saja, apalagi melati juga masih selalu rajin mengujaninya dengan sms sms mesra penuh cinta.

dan mawar… tidakkah kita bisa bilang kalau dia ada di tempat yang salah pada saat yang salah ??? masuk ke dalam lingkaran cinta sejati kumbang dan melati, alih alih dia menemukan cinta sejatinya pada sosok kumbang… tapi nyatanya…

seharusnya memang ada yang bersedia berkorban… dan kalau gue bisa mengatur jalan hidup orang, gue akan suruh kumbang dan melati berkorban… toh melati juga sudah punya suami yang baik, yang tidak tahu kalau anak yang selama ini dianggap anak kandung ternyata bukan anak kandungnya…. bukankah harus ada harga yang dibayar untuk ‘kebaikan’ semuanya ??? 

sayangnya gue gak bisa mengatur jalan hidup orang lain… dan belum tentu kalau gue ada di posisi mereka gue akan bisa melakukan apa yang terbaik…

cinta sejati… hmmmhhh… sangat mahal ternyata… 

mungkin sekarang gue jadi bisa ngerti alasan konkrit kenapa pangeran charles lebih milih camilla parker bowles yang sangat jauh secara fisik dibandingkan lady diana yang mendekati sempurna itu… 

cinta (sejati) memang (mungkin) tidak punya mata…

Haruskah Memilih ?

lagi buka-buka fesbuk dan ngeliat status seorang contact gue :
“Gaji pokok : Rp 15.510.000 Tunjangan listrik : Rp 5. 496.000 Tunjangan Aspirasi : Rp 7.200.000 Tunjangan kehormatan : Rp 3.150.000 Tunjangan Komunikasi : Rp 12.000.000 Tunjangan Pengawasan : Rp 2.100.000 Total : Rp 46.100.000/bulan Total Pertahun : Rp 554.000.000 Gaji ke-13 :Rp 16.400.000 Dana penyerapan ( reses) :Rp 31.500.000 ini belum yg lain2 dan uang2 yg musuhnya KPK.. lebih dr Rp. 1M yg mrk hasilkan, my country”
hmmmm… tahu deh apa yang dia maksudkan. itu adalah gaji dan tunjangan yang diterima anggota DPR setiap bulannya. gak heran ya kalo profesi itu jadi the most wanted saat ini. gak heran kalo semua orang berlomba-lomba jadi caleg even mereka gak punya dasar politik sama sekali.
mendadak gue diem dan mencoba mikir, dengan gaji nyaris 50 juta sebulan tentu sangat berat ya tugas anggota dewan yang terhormat. iya lah… secara gue pernah dapet wejangan dari bokap dulu, bahwa semakin tinggi gaji seseorang berarti tugas dan tanggungjawabnya akan semakin besar, resiko juga semakin besar… pokoknya yang berat-berat gitu lah. apalagi tugas anggota dewan kan menyangkut hajat hidup rakyat, secara mereka-mereka adalah wakil rakyat yang menyuarakan aspirasi rakyat. jadi kebayang lah sungguh beratnya beban yang disandang. jadi sepertinya memang make sense mereka dapat gaji segitu
lihat aja kalo pas mereka lagi sidang di gedung terhormat itu. seringkali suasananya   seperti ini :
dpr1
mereka emang bener-bener kecapekan ya… terlihat jelas dari wajah mereka yang kelelahan itu. jadi wajar dong kalo mereka tidur pas sidang.. kan kerja mereka berat banget secara menyuarakan aspirasi rakyat.. menjadi wakil dari jutaan rakyat. gak gampang lho ada di posisi mereka… sejak awal sebelum kepilih aja mereka udah mati-matian bekerja keras supaya kepilih, mengorbankan waktu tenaga pikiran dan harta benda yang tidak sedikit.. jadi wajar dong kalo pas udah kepilih jadi mengalami kecapekan tingkat tinggi kayak gini… rakyat yang mereka wakili pasti maklum koq… namanya juga orang capek.. masa gak boleh tidur…
kalo udah capek karena ngurusin rakyat mereka kan butuh hiburan.. pasti puyeng kan makanya perlu doping dan refreshing.. jadi jangan salahin mereka kalo nyari yang asik kayak gini kaaan…
12115419470
toh udah punya penghasilan lebih dari cukup, jadi boleh-boleh aja kan memakainya untuk ‘kenakalan kecil’. seimbang dong sama capeknya jadi wakil rakyat yang harus terbang kesana sini dari daerah satu ke daerah lain, sampe ke luar negeri. untuk rakyat juga kan…
jadi anggota DPR juga punya banyak wewenang, namanya juga bikin undang-undang. jadi pasti banyak orang-orang yang pengen deket, dan akhirnya jadi temen.  namanya juga temen kan harus saling bantu ya… jadi kalo pas temen minta bantuan buat ngelancarin usahanya yang terganjal undang-undang atau butuh bekingan, gak ada salahnya kan kalo dibantu, kan temen harus tolong menolong.. perkara dapat uang yang lumayan dari hasil ngebantu temen ya itung-itung tanda terima kasih kan… kenapa dipermasalahkan
jreeenggg… hp gue bunyi, gue kaget… sms ternyata… dari KPU. what ?? darimana orang-orang KPU tahu nomor gue ? pasti asal pencet ya… gue baca tuh sms
Ingat 9 April 2009, bagi yang telah terdaftar di DPT silahkan datang ke TPS dan berikan suara Anda dengan tanda centang (v) di surat suara
hmmmm… gue diem lagi sambil ngebaca sms itu beberapa kali. KPU nyuruh gue dateng ke TPS dan milih wakil gue yang akan duduk di DPR. gue diem lagi, kali ini lama… apakah gue harus beneran milih ??? terus gue harus milih siapa ?? dari ratusan gambar caleg yang bertebaran dimana-mana pas masa kampanye kemaren, gak ada yang gue apal satupun namanya atau partai apa atau nomor urut berapa… boro-boro ngapalin caleg, ngapalin jumlah partai dan apa aja partai peserta pemilu kali ini aja susah bener…
dan lagi tugas gue sangat berat, harus memilih satu dari banyaaaaaakkk calon yang semuanya terlihat oke dalam kemasan luar, sementara sosok mereka gak gue kenal sama sekali dalamnya. anggota DPR itu jabatan terhormat. isinya juga seharusnya orang-orang terhormat. jadi gue gak boleh salah pilih dan memilih orang yang tidak terhormat menjadi wakil… lalu gimana caranya biar gue gak salah pilih ????? sungguh berat nian tugasnya…
gue kembali browsing ke fesbuk temen-temen gue… ngeliat status mereka satu satu

Semoga Aja Orang2 Yang Sudah Meninggal Tapi Namanya Ada di Daftar Pemilih Tetap, Mayat2nya Ikutan Nyontreng Ke TPS… Biar Tambah Rame..

duhhh… gue merinding baca status temen gue yang itu…

contreng XX Partai XXXXXXX on 9.4.09. Mari LURUSKAN bangsa dgn azas Patriotisme!! cintai negeri tidak hny diri sendiri!

duhhh… temen gue yang ini nyaranin gue milih salahsatu partai… masa kampanye kan dah lewat ???

flying to Jogja. for the ‘nyontreng’ sake! kekacauan makin dekat! mayoritas caleg pengangguran & kacau!

hmmmhhh… no comment

“VOTE FOR YOUR COUNTRY”

waaaahhh… temen gue yang ini pasti udah nemu siapa wakil yang harus dipilih, jadi statusnya ditulis pake huruf besar plus tanda kutip

excited to vote tomorrow. Bismillaaaaah. 🙂

yang ini juga udah yakin… udah gak sabar…

gimana ceritanya gue gak terdaftar sbg pencontreng besok yaaa???? KPU ngapain aja kemaren2???

duhh… temen gue yang ini pengen milih tapi gak dikasih hak buat milih… 😦

Nggak rela, kok nama gw nggak ada dalam daftar pemilih? Nenek gw yang sdh meninggal malah ada. Kacauuuuu,,,,,

duhhh… koq bisa kacau gini yaaaa…

nahhh, gue malah asik2an ngintip status orang. kan gue masih punya PR harus memilih anggota dewan yang terhormat itu. milih… nggak… milih… nggak… aduhhh… pusing…

eh, nanti dulu… gue kan belom megang surat panggilan buat milih… ahhh… harus nanya kakak gue nih… belom sempet gue nanya hp gue bunyi lagi… sms… dari kakak gue… panjang umur nih…

dek nama km gak ada di daftar pemilih lho !

duhhhh !!!

gue gak ngerti harus seneng apa sedih. tapi setidaknya gue udah dapet jawaban dari pertanyaan gue…

gak sayang, aku bawa kunci kok..

semalem gue pulang telat. secara gue disuruh nunggu karena boss meeting diluar n kita ada jadwal meeting internal setelah boss kelar meeting sama klien. ternyata… jakarta banjir dan macet gila… janjian meeting internal jam setengah lima, tapi sampai jam 7 malem boss belom balik. dan karena kita dapet mandat harus nungguin beliau-beliau… ya sutralah… akhirnya browsing-browsing nggak jelas sambil nunggu… n tentu aja chatting di YM

YM sepi pula… cuma beberapa contact yang online. akhirnya gue biarin aja YM gue aktif tanpa ada niat buat memulai obrolan dengan siapapun, apalagi berusaha masuk room. gue malah lebih asyik buka-buka situs gosip hehehehe… sampai tiba-tiba ada buzz dari mario, temen gue yang udah lamaaaa banget gak ngobrol2. seperti biasa lah, pasti nanya lagi ngapain lagi dimana endebla endebla… dan akhirnya dia ‘ngakak’ pas gue bilang kalo gue masih di kantor (udah jam 9 malem waktu itu). kurangajar malah ketawa… akhirnya udah ditebak… dia yang emang suka jahil nyindir2 gue mulu… karyawan teladan lah… duitnya banyak lahh… dan beragam obrolan gak penting lainnya…

disela ‘godaan dan ejekan’ gak penting itu, dia akhirnya nanya :

mario : balik jam berapa lo ?

gue : blom tahu… blom ada kabar

mario : gue gak perlu bukain pintu kan :p

gue : gak sayang, aku bawa kunci koq…

mario : hahahahahaha… najisss…

gue pun langsung ngakak. tapi  gue tiba-tiba mikir… selama ini gue ngerasa enjoy dengan kesendirian gue… bebas ngapain aja, pulang jam berapa aja tanpa ada yang nanyain… tiba-tiba gue ngerasa ada sesuatu yang ‘hilang’. kayaknya seru juga ya kalo kita pulang telat ada yang nanyain pulang jam berapa… trus lalu tercipta dialog romantis (tapi najis)seperti diatas.. kayaknya gimanaaa gitu kalo ada yang khawatir dan mencemaskan kita… halahhh… lebayyy…

lalu tiba-tiba ada buzz lagi dari agung, temen gue yang lain.  kali ini dia langsung nyerocos gak karuan sebelum gue sempet nanya lagi ngapain lagi dimana endebla endebla.. dia bilang lagi kesel sama bininya.. secara dia lagi banyak urusan kerjaan tapi bininya gak mau ngerti, marah-marah mulu.. malah curiga yang nggak-nggak..

gue : lo lagi dimana sekarang

agung : masih di kantor.. lagi hectic.. tapi bini gue gak mau tahu

gue : emang ada janji sama bini lo malem ini ?

agung : gak juga. cuma emang kan gara-gara temen gue resign gue harus beresin dulu kerjaan dia. makanya gue dari kemaren lembur-lembur gini. eh dia marah-marah terus.. ni pasti gara-gara reunian kemaren kita ketemu sama mantan gue waktu SMA…

gue : hahahahaha… dia cemburu tuh

agung : itulah bro… plis deh.. lagian dia udah punya laki juga, masa gue mau lirik-lirikan sama dia lagi. bini gue gak biasanya curigaan gini.. ampe puyeng dengerin dia ceramah…

gue ngakak. bukan ngetawain nasib agung. tapi ngetawain diri gue sendiri. belom ada lima menit gue baru terhanyut-hanyut dengan khayalan romantis tentang ‘gak sayang, aku bawa kunci koq’. eh… curcol-nya agung bikin khayalan romantis itu terbang menghilang… digantikan dengan tampang istri yang judes… yang curigaan… yang tetep ngomel dan ngendus-endus ada bau parfum cewek lain gak pas kita pulang kerja.. padahal kita bener-bener kerja dan capek banget karena lembur… yahhh… gue ngerti lah pantesan agung ampe curcol gila-gilaan sama gue

dan gue tiba-tiba bersyukur gue masih single.. gak ada yang ngomel n ngamuk kalo gue balik jam berapapun.. hahahahaha… gak ada lima menit dan pikiran gue bisa berubah-ubah gitu… dasar labil…

YM gue ada yang nge-buzz lagi… kali ini dari boss gue

boss : masih di kantor ?

gue : lha.. katanya disuruh nunggu ?

boss : lhooooo ???

gubrakkkksssss… ternyata boss gue udah pesen sama temen gue kalo gue sebenernya udah boleh pulang dari maghrib, tapi temen gue salah nyampeinnya !!!